Latihan Soal PKN

1. Jelaskan yang anda ketahui tentang pengertian pendidikan menurut UU RI sisdiknas serta tujuan pendidikan kewarganegaraan!

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik pendiri a-pi ke-lak ke-ce:

a. aktif mengembangkan potensi diri

b. mengembangkan spiritual keagamaan

c. pengendalian diri

d. memiliki kepribadian

e. memiliki kecerdasan

f. memiiki keterampilan

g. memiliki akhlak mulia

tujuan pendidikan kewarganegaraan:

  • untuk menumbuhkan kesadaran wawasan nusantara
  • untuk pertahanan negara
  • untuk menumbuhkan sikap cinta terhadap tanah air

2. Jelaskan pengertian dari warga negara, negara, teori terbentuknya negara, dan proses terbentuknya negara!

a. pengertian warga negara menurut pasal 26 UUD ’45

  • orang asli Indonesia
  • orang Indonesia keturunan atau peranakan
  • bertempat tinggal di Indonesia
  • mengakui Indonesia sebagai tanah airnya
  • bersikap setia kepada NKRI

b. pengertian negara menurut George Jellinek

Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu.

c. Teori terbentuknya negara

  • Teori hukum alam

Bumi adalah tempat tinggal manusia, hal ini memungkinkan manusia untuk berkembang biak dari dua menjadi empat, dariempat menjadi banyak, dan seterusnya, kemudian membentuk kelompok kecil dan bersatu dengan kelompok kecil lainnya dan menjadi kelompok besar dan akhirnya terbentuklah suatu negara.

  • Teori perjanjian

Setiap perang ada yang menang dan ada yang kalah. Yang menang menjadi negara maju, sementara yang kalah bersatu dengan negara lain membentuk suatu perjanjian dan membentuk negara baru
.

  • Teori ketuhanan

Teori ketuhanan, {islam dan kristen} semuanya atau segala sesuatunya merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Jadi secara otomatis negara pun adalah ciptaan Tuhan.

d. Proses terbentuknya negara

  • Penaklukan atau Penjajahan

Suatau negara menjajah negara lain. contohnya bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa Jepang.

  • Peleburan

Penggabungan dua negara menjadi satu. Contohnya Jerman barat dan Jerman timur menjadi Jerman.

  • Pemisahan diri

Melepaskan diri dari negara untuk membentuk negara baru yang berdiri sendiri. Contohnya Timor Leste.

  • Pendudukan

Pendudukan atas wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya. Contohnya Australia menduduki suku Aborigin, Amerika menduduki suku Indian.

3. Jelaskan pengertian HAM serta 10 hak-hak yang tercantum dalam Declaration Of Human Right yang telah diratifikasi dalam UU RI No. 39 tahun ’99 tentang HAM!

  • HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan YME dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati , dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara hukum, pemerintahan, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindingan harkat dan martabat manusia.
  • Hak yang harus dilindungi dalam UU No. 39/99

a. hak untuk hidup

b. hak untuk berkeluarga dan melanjutkan keturunan

c. hak atas kebebasan pribadi

d. hak untuk mengembangkan diri

e. hak untuk mendapatkan keadilan

f. hak untuk rasa aman

g. hak untuk mendapatkan kesejahteraan

h. hak untuk kebebasan ikut serta dalam pemerintahan

i. hak wanita

j. hak anak

4. Bagaimana pendapat anda berhubungan dengan UU yang dibuat oleh bangsa Indonesia yang saling tumpang tindih jelaskan serta berikan contohnya!

menurut saya UU yang saling tumpang tindih terjadi karena kurangnya pengharmonisasian dalam proses pembuatan peraturan perundang-undangan. Sementara proses pengharmonisassian disini dimaksudkan agar tidak terjadi atau mengurangi tumpang tindih peraturan perundang-ungdangan.

contoh:

  • masih adanya semangat egoisme sektoral (departemental) dari masing-masing instansi terkait, karena belum adanya persamaan persepsi tentang peraturan perundang-undangan sebagai suatu sistem sehingga pembahasan oleh wakil-wakilinstansi terkait tidak bersifat fragmentaris menurut kepentingan masing-masing instansi.
  • UU No. 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengatakan perencanaan daereh itu cukup dengan peraturan Gubernur, sedangkan UU No. 32/2004 mengatakan dengan peraturan daerah.
  • Pasal 10 UU No. 39/2008 tentang kementrian negara yang menyatakan adalah pejabat karier dan bukan anggota kabinet, bertentangan dengan UUd 1945, sehungga harus di hapus.

5. jelaskan tentang teori-teori kekuasaan!
a. paham Machiavelli (abad XVII)
gerakan pembaharuan yang dipicu masuknya ajaran islam di eropa pada abad VII yang menghasilkan peradaban barat modern seperti sekarang ini.

b. Paham Kaisar Napoleon Bonaparte (abad XVII)
Napoleon berpendapat bahwa kekuatan politik harus didampingi oleh kekuatan logistik dan ekonomi nasional dan didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

c. Paham Jendral Clausewitz (abad XVII)
Clausewitz menulis sebuah buku yang berjudul Vom Kriege menurutnya perang adalah kelanjutan politik dengan cara lain, menurutnya peperangan sah-sah saja untuk menjapai tujuan nasional suatu bangsa.

d. Paham Feuerbach dan Hegel
Paham ini menimbulkan dua aliran besar barat yang berkembang didunia, yaitu kapitalisme di satu pihak dan komunisme dipihak lain.

e. Paham Lenin (abad XIX)

Menurutnya perang adalah kelanjutan politik dengan cara kekerasan, baginya perang adalah sah dalam rangka berkomunikasi seluruh bangsa didunia.

f. Paham Lucian W.Pye & Sidney

Kemantapan suatu sistem politik dapat dicapai apabila sistem tersebut berakar pada kebudayaan politik bangsa yang bersangkutan.

 

Menurut French dan Raven, ada lima tipe kekuasaan, yaitu :

  • Reward power

Tipe kekuasaan ini memusatkan perhatian pada kemampuan untuk memberi ganjaran atau imbalan atas pekerjaan atau tugas yang dilakukan orang lain.

  • Coercive power

Kekuasaan yang bertipe paksaan ini, lebih memusatkan pandangan kemampuan untuk memberi hukuman kepada orang lain.

  • Referent power

Tipe kekuasaan ini didasarkan pada satu hubungan ‘kesukaan’ atau liking, dalam arti ketika seseorang mengidentifikasi orang lain yang mempunyai kualitas atau persyaratan seperti yang diinginkannya.

  • Expert power

Kekuasaa yang berdasar pada keahlian ini, memfokuskan diripada suatu keyakinan bahwa seseorang yang mempunyai kekuasaan, pastilah ia memiliki pengetahuan, keahlian dan informasi yang lebih banyak dalam suatu persoalan.

  • Legitimate power

Kekuasaan yang sah adalah kekuasaan yang sebenarnya (actual power), ketika seseorang melalui suatu persetujuan dan kesepakatan diberi hak untuk mengatur dan menentukan perilaku orang lain dalam suatu organisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s