Kepariwisataan (Tulisan 3)

Wisata Pantai Indonesia

Senggigi-Beach-Lombok-Indonesia-2

Hampir 2/3 bagian bumi terdiri dari laut. Begitu juga dengan Indonesia, negara kepulauan yang memiliki laut yang sangat luas yang memisahkan ribuan pulau yang ada di Indonesia, oleh sebab itu Indonesia juga disebut sebagai negara maritim.

Sebagai negara yang memiliki laut yang sangat luas, tak dipungkiri lagi Indonesia juga memiliki wisata-wisata pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan tak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjunginya, wisatawan mancanegarapun rela datang jauh-jauh ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan pantainya.

Berikut adalah 7 pantai terindah di Indonesia menurut penulis:

1. Pantai Pasir Putih, Gili Nanggu, Lombok

pantai pasir putih gili nanggu lombok

Pantai Pasir Putik terletak di Pulau Gili Nanggu yang merupakan salah satu pulau dari beberapa pulau yang berada di sisi barat Pulau Lombok. Secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Sekotong Tangah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Pasir Putih Gili Nanggu memiliki panorama yang memukau. Baik darat maupun bawah lautnya, wisatawan akan terbius oleh keindahan pulau mungil ini. Hamparan pasir putihnya menyatu dengan birunya lautan.

2. Pantai Kuta, Bali

pantai kuta bali

Pantai Kuta terletak di sebelah selatan Denpasar, lebih tepatnya diKabupaten Badung. Dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak sekitar 1,5 km dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dan sekitar 20 menit dari pusat kota Denpasar. Sejak awal 1970-an, pantai ini telah menjadi objek wisata andalan pulau Bali. Dan merupakan tujuan wisata turis mancanegara. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Pantai ini memiliki ombak yang sangat pas digunakan untuk berselancar.

3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

kepulauan raja ampat

 Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi dibarat bagian kepala burung (Vogelkoop) pulau Papua. Secara administratif, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan kawasan dengan sumber daya alam tropis terkaya didunia, dan merupakan salah satu lokasi bahari terbaik di dunia. Selain panorama alam yang luar biasa, Raja Ampat juga terkenal dengan pemandangan bawah laut yang memukau yang bisa dinikmati dengan wisata menyelam (Diving). Di Raja Ampat terdapat beberapa resort pantai dengan view pemandangan alam yang eksotis.
4. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman nasional bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karangdan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Taman nasional sekaligus obyek wisata ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia akan keindahan bawah lautnya seperti terumbu karang dan berbagai spesies ikannya. Maka tak salah bila T.N Bunaken ini menjadi ikon pariwisata kota Manado dan propinsi Sulawesi Utara.

5. Pantai Ora, Maluku Tengah

pantai ora, maluku tengah

Pantai Ora yang terletak di Desa Sawai, Seram Utara, Maluku Tengah ini merupakan salah satu tempat pariwisata yang ada di Maluku. Kondisinya yang masih sangat alami dan memiliki pemandangan yang sangat indah, menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat favorit yang sedang digemari oleh para wisatawan, terutama wisatawan lokal di Maluku. Dengan pemandangannya yang sangat indah, pantai Ora disebut-sebut sebagai Hawai-nya Indonesia oleh sebagian kalangan yang pernah berkunjung kesana. Saat ini, pengembangan fasilitas penunjang di pantai Ora sedang dalam proses pembangunan. Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas penunjang ini, pantai Ora bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang favorit, dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Maluku.

6. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

wakatobi

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki salah satu surga bawah laut paling indah di dunia? Surga bawah laut tersebut dikenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko.

Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.

7. Pantai Sarwanan, Banten

pantai sarwana

Sawarna merupakan salah satu desa di Kecamatan Lebak, Kabupaten Bayah Provinsi Banten. Desa ini menyimpan banyak tempat wisata yang masih sepi sehingga bisa dibilang sebagai surga tersembunyi.

Siapa sangka Provinsi Banten punya tempat wisata bagus yang belum diketahui banyak orang. Saat ini orang lebih mengenal Banten karena Pantai Anyer, Carita, Karang Bolong dan tempat pemandian Air panas Cikoromoy. Tapi tahukah Anda, jika di kawasan Lebak, Banten, tepatnya di Desa Sawarna ada tempat yang memiliki keindahan luar biasa.

 

Opini penulis tentang Wisata Pantai Indonesia:

Menurut saya, Indonesia sebagai negara maritim mempunyai wisata pantai yang keindahannya tak dapat di deskripsikan dengan kata-kata. Keindahannya tak hanya tersohor di dalam negeri saja, tetapi juga di dunia mancanegara. Kita sebagai warga negara harus bangga dan melestarikannya.

Source:

http://www.tipscaraterbaik.com/pantai-paling-indah-dan-eksotis-di-indonesia.html

http://fakta-kita.blogspot.com/2012/01/7-pantai-terindah-di-indonesia.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Bunaken

http://elsorkatti.blogspot.com/2012/09/pantai-ora-di-seram-utara-maluku-tengah.html

http://travel.detik.com/read/2012/05/31/192258/1929881/1025/inilah-sawarna-surga-tersembunyi-di-banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s