Kepariwisataan (Tulisan 1)

NAMA    : Annisa Sutan Zainal

KELAS    : 1SA04

NPM       : 10612981

DOSEN   : Edy Prihantoro

 

Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Pariwisata

p4823bc47339a9

Beberapa tahun terakhir ini, penerapan Teknologi Informasi dalam perkembangan Pariwisata dunia merubah hampir seluruh tatanan bisnis pariwisata dunia.

Sebelumnya, maskapai penerbangan sangat mengandalkan penjualan tiket melalui biro perjalanan atau travel agent. Kini peran biro perjalanan perlahan  mulai tergeser. Untuk membeli atau memesan tiket, pelanggan bisa dengan mudahnya mengakses melalui internet. Pelanggan bisa memesan tiket secara langsung, membayar online dan bahkan memilih tempat duduk yang disukai, serta melakukan check in lebih awal.

Saat ini, jika ingin mengetahui ketersediaan kursi dalam setiap penerbangan, kita dapat mengecek dengan mudah melalui internet. Walau jarak yang terbentang dari kota asal menuju kota yang dituju 24 jam penerbangan sekalipun, kini hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Kegiatan pesan kamar hotel, pesan tiket pesawat dan yang lainnya dapat kita lakukan tanpa harus tersekat oleh jarak dan waktu. Kita bisa mengurusnya dimana saja, kapan saja, 24 jam sehari, tidak mengenal hari libur atau hari besar apapun.

Pada saat dimana kita belum memanfaatkan teknologi informasi, hal tersebut mustahil dilakukan. Ketergantungan penjualan melalui biro perjalanan dan saluran distribusi lain begitu besar peranannya dan begitu banyak biaya yang dibutuhkan. Apalagi sekarang lebih praktis dengan adanya digitalisasi ticket menjadi e-ticket, sebuah efesiensi yang sangat signifikan.

Hal yang tidak jauh berbeda terdapat pada bisnis hotel, kini hotel-hotel yang dikelola secara mandiri maupun yang dikelola melalu jaringan operator hotel, memiliki fasilitas booking kamar melalui internet. Kemajuan ini juga turut mengeser peranan biro perjalanan wisata, karena penjualan melalui internet  terus meningkat sehingga porsi peranan biro perjalanan terus menurun.

 

Opini penulis tentang Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Pariwisata:

Menurut saya, di jaman yang serba canggih ini, teknologi memiliki pengaruh yang cukup besar atas kesuksesan suatu objek wisata. Karena dengan adanya teknologi kita dapat secara langsung memasarkan objek-objek wisata tersebut. Teknologi juga sudah merubah banyak hal menjadi lebih efisien, contohnya, sekarang ini pemesanan riket dapat dilakukan secara online, tanpa perlu repot repot datang langsung ke tempat pembelian tiket. Tentunya semua hal ini dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan wisata.

 

Source:

http://www.johnniesugiarto.com/index.php/component/k2/item/274-pengaruh-teknologi-informasi-dalam-pariwisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s