Kepariwisataan (Tulisan 10)

Pantai Sawarna, Banten

pantai sarwana

Sawarna merupakan salah satu desa di Kecamatan Lebak, Kabupaten Bayah Provinsi Banten. Desa ini menyimpan banyak tempat wisata yang masih sepi sehingga bisa dibilang sebagai surga tersembunyi.

Siapa sangka Provinsi Banten punya tempat wisata bagus yang belum diketahui banyak orang. Saat ini orang lebih mengenal Banten karena Pantai Anyer, Carita, Karang Bolong dan tempat pemandian Air panas Cikoromoy. Tapi tahukah Anda, jika di kawasan Lebak, Banten, tepatnya di Desa Sawarna ada tempat yang memiliki keindahan luar biasa.

Pantai Sawarna ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Deburan ombak dan pasir putihnya membuat liburan anda akan sangat mengasyikkan. Pantai Sawarna dikelilingi oleh persawahan dan perbukitan dengan pepohonan hijau yang lebat, menambah suasana menjadi teduh dan asri.

Jalan raya menuju tempat wisata ini sudah memadai. Sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemadangan pantai dengan pasirnya yang putih. Belum lagi rimbunan hutan karet dan hutan tropis sebelum benar-benar masuk ke dalam area pantai.

Tetapi lagi-lagi sangat disayangkan, Pemerintah kota belum menggarap potensi wisata ini secara serius. Hal ini bisa dilihat dari beberapa jalan yang rusak dan belum disediakan transportrasi khusus untuk sampai ke tempat ini. Padahal jika digarap secara serius dan profesional, Sawarna bisa seperti Bali.

Sebenarnya di Desa Sawarna sendiri, bukan hanya Pantai Sawarna yang bisa sobat kunjungi. Ada beberapa pantai cantik lainnya yang bisa sobat telusuri. Seperti Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan sepasang batu besar yang berada di tengah pantai, Pantai Lagoon Pari yang memiliki air laut yang jernih dan pasir putihnya, dan Pantai Karang Taraje dengan hamparan batu karang dan ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari.

Bila ingin menghabiskan malam di kawasan pantai ini, ada beberapa penginapan berupa cottage dan homestay yang siap menampung sobat dengan harga mulai dari Rp 100 ribu.

 Untuk sampai di Pantai Sawarna, kita dapat menempuh perjalanan darat melalui kota Jakarta dengan menggunakan jalur Tol menuju kota Serang, serta dilanjutkan dengan menggunakan jalur yang melintasi Malingping, Pandeglang, Saketi, Bayah, serta Sawarna. Akhirnya setelah 6 jam perjalanan yang melelahkan sampailah di Pantai Sawarna.
Source:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s