Kepariwisataan (Tulisan 7)

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman nasional bunaken

Pada tulisan saya yang ke-7 ini, akan menjelaskan tentang wisata Taman Nasional Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia.

Taman Nasional Bunaken  terletak di Segtiga Terumbu Karang , menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karangdan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Taman Nasional Laut Bunaken adalah salah satu taman laut paling indah di dunia, terkenal dengan formasi karang yang sangat indah dan luas. Disini anda dapat memanjakan diri dengan berbagai macam eksotik tempat dan ke indahan laut bunaken. Ada pun fasilitas yang anda dapat temui disekitar lokasi, seperti hotel yang tersedia, resort, homestay, kolam renang, restoran, kantor pos, menara, gerbang, speed boat. Ada juga peralatan menyelam sewa bersama dengan instruktur. Di Taman Nasional Bunaken ini terdapat juga berbagai macam hidangan makanan khas Manado Sulawesi Utara serta ada pula Taman, Area Wisata Alam/Taman Margasatwa lainnya.

Taman Nasional Bunaken dibangun pada tahun 1991 dan memiliki wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau:Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa ,Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Taman Laut Bunaken memiliki 29 titik selam (dive spot) dengan kedalaman mulai 1.344 meter. Dari 20 titik selam. 12 titik selam diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Ke 12 titik selam inilah yang kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemadangan laut. Namun, jika anda bukan penyelampun anda masih bisa menikmati biota laut di sini, karena kejernihan air lautnya membuat anda tetap dapat menikmati keindahan biota laut walau hanya melihat dari atas perahu.

Source:

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Bunaken

http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku/Teropong-Daerah/Sulawesi-Utara/Tempat-Menarik/Taman-Nasional-Laut-Bunaken

http://www.tiket.com/bunaken-national-park

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s