Kepariwisataan (Tulisan 9)

Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

wakatobi

Wakatobi merupakan sebuah kepulauan yang terletak di propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Memiliki luas 1.39 juta hektar dengan sumber daya alam laut yang bernilai tinggi dan panorama bawah lautnya yang menakubkan. Nama Wakatobi di ambil dari nama empat pulau besar, yaitu pulau WAngi-wangi, pulau KAledupa, pulau TOmia dan pulau Binongko. Kepulauan Wakatobi termasuk dalam gugusan kepulauan yang lebih besar, yaitu Kepulauan Tukang besi.

Kepulauan wakatobi akhir-akhir ini dikenal karena film The Mirror Never Lies yang merupakan garapan , kerja sama Wwf-Indonesia, Pemda Kabupaten Wakatobi yang hasil penjualannya digunakan untuk pelestarian terumbu karang.

Sesuai dengan namanya, pulau Tukang Besi, kepulauan ini memang terkenal dengan pembuatan keris tradisional yang indah dan tetap diproduksi hingga sekarang. Gugusan kepulauan ini memiliki alam yang masih asli, tenang dengan air laut yang segar, gua-gua bawah laut yang saling berdekatan satu sama lain yang disuguhkan khusus untuk pecinta alam sejati.

Kepulauan Tukang Besi mempunyai 25 buah gugusan terumbu karang yang masih asli dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Terumbu karang menjadi habitat berbagai jenis ikan dan makhluk hidup laut lainnya seperti moluska, cacing laut, tumbuhan laut. Ikan hiu, lumba-lumba dan paus juga menjadi penghuni kawasan ini. Kesemuanya menciptakan taman laut yang indah dan masih alami. Taman laut yang dinilai terbaik di dunia ini sering dijadikan ajang diving dan snorkling bagi para penyelam dan wisatawan. Sejak tahun 1996, kawasan Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional.

Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya Acropora formosa, A. hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp.

Banyak sekali tempat-tempat penyelaman yang terdapat di Taman Nasional Waktobi ini, tersebar di ke-empat pulau besar tersebut. Pulau Hoga (Resort Kaledupa), Pulau Binongko (Resort Binongko) dan Resort Tamia merupakan lokasi yang menarik dikunjungi terutama untuk kegiatan menyelam, snorkeling, wisata bahari, berenang, berkemah, dan wisata budaya.

Bulan April sampau Juni dan Oktober sampai Desember merupakan bulan yang baik untuk berkunjung ke Wakatobi, karena cuacanya sangat bagus dan cocok untuk melakukan penyelaman. Sedangkan jika Anda menyukai berselancar, bulan Juli sampai September mungkin lebih tepat, karena pada bulan tersebut ombaknya sangat tinggi dan cocok untuk berselancar.

Di samping menyelam, berselancar dan snorkling di pantai wakatobi juga disediakan khusus motor selam, tour snorkling dan penjelajahan di kepulauan. Sebuah kawasan kecil yang berlokasi di samping pulau Tomia seluas 8 km2, bernama Pulau Tolandona (Pulau Onernobaa) memiliki keunikan karena pulau ini dikelilingi taman laut yang indah.

Untuk wisata kuliner, ada beberapa yang perlu dicoba. Anda bisa mencicipi kasuami, makanan pokok terbuat dari singkong yang diparut, diperas airnya dan dikukus, biasanya dimakan bersama ikan. Ada pula kari ayam Wakatobi serta kue karasi. Yang pasti, beragam seafood dengan mudah dijumpai.

Source:

http://liburan.info/content/view/162/43/lang,indonesian/

http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_wakatobi.htm

http://www.gonjangganjing.com/tag/taman-nasional-wakatobi/

http://en.wikipedia.org/wiki/Wakatobi

http://travel.kompas.com/read/2011/05/09/15454758/Tips.Menuju.Wakatobi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s