Kepariwisataan (Tugas 2)

Pertanyaan:

Sarana dan prasarana seperti apa yang menurut anda ideal dan memuaskan wisatawan?

Jawab:

Sebelumnya penulis akan memberikan pengertian tentang apa itu sarana dan prasarana pariwisata.

Menurut pendapat penulis, sarana pariwisata adalah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan guna memberikan pelayanan kepada para wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena maju mundurnya sarana kepariwisataan tergantung pada jumlah kunjungan wisatawan.

Sementara pengertian prasarana pariwisata adalah semua fasilitas utama yang menjadikan rempat wisata dapat hidup dan berkembang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para wisatawan.

Menurut penulis sarana yang ideal bagi para wisatawan adalah tempat wisata yang memiliki 3 bagian penting sarana kepariwisataan yaitu Sarana Pokok Kepariwisataan (Main Tourism Suprastructure), Sarana Pelengkap Kepariwisataan (Supplementing Tourism Suprastructure), Sarana Penunjang Kepariwisataan (Supporting Tourism Suprastructure).

Sarana Pokok Kepariwisataan (Main Tourism Suprastructure) berupa Travel Agent, Tour Operator, Perusahaan Transportasi, Restoran, Bar, objek dan atraksi wisata.

Tempat wisata sebaiknya memiliki Sarana Pelengkap Kepariwisataan (Supplementing Tourism Suprastructure), sarana ini dapat berupa lapangan tenis, lapangan bola, kolam renang, dll.

Sarana Penunjang Kepariwisataan (Supporting Tourism Suprastructure) Adalah perusahaan yang menunjang sarana pokok dan sarana pelengkap yakni fasilitas-fasilitas yang diperlukan wisatawan khususnya tourism business yang berfungsi untuk membuat para wisatawan lebih lama tinggal di daerah yang dikunjungi agar lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di daerah tersebut. Sarana ini berupa night club, casino, steambath, dll.

Sementara prasarana yang ideal untuk para wisatawan adalah tempat wisata memiliki akses jalan yang baik untuk menuju ke lokasi wisata yang dituju. Akses jalan tersebut berupa jalan raya yang bagus atau tidak rusak, jembatan, terminal bus, rel dan stasiun kereta api, pelabuhan udara (airport), dan pelabuhan laut (harbour).

Tempat wisata tersebut harus memiliki prasarana air bersih, prasarana listrik, prasarana kesehatan seperti rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat. Terdapat prasarana keamanan, pendidikan dan hiburan. Terdapat prasarana telekomunikasi seperti memadainya sinyal jaringan seluler, karena biasanya di tempat wisata yang terletak didaerah terpencil sulit sekali untuk mendapatkan sinyal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s