Kepariwisataan (Tulisan 12)

Bepergian dengan Satu Tas? Bisa!

koper

Diera ketika perang harga antarmaskapai penerbangan mulai merajalela, ditambah tingginya harga bahan bakar, dikombinasikan dengan banyak kisah menyeramkan soal bagasi yang hilang, pilihan untuk bepergian dengan membawa hanya satu tas semakin masuk akal. Ditengah kecanggihan teknologi, rasanya tak ada yang tak mungkin untuk dikemas  dalam satu tas. Kecuali memang anda bepergian secara khusus atau mengaharuskan membawa barang yang tak bisa dibatasi.  Zaman sekarang rasanya sudah biasa bepergian menggunakan satu tas saja, bahkan banyak yang bisa hidup dan berkeliling dunia hanya dengan satu tas! Berkemas secara berlebihan atau overpacking, bisa dikatakan sebagai salah satu kesalahan utama dalam bepergian. Untuk menghindarinya, ada cara yang bisa dilakukan agar bisa bepergian dengan satu tas saja. Pilih Tas yang Tepat Pertama, pilih tas yang sesuai kebutuhan, bisa ransel atau koper. Yang penting, sesuaikan dengan selera dan gaya pribadi. Ukuran tas juga harus ditentukan sejak awal. Jika memang tidak bepergian disaat musim dingin atau tak membawa banyak titipan oleh-oleh, pilih tas berukuran kabin. Beratnyapun harus diperhatikan, jangan memilih tas yang  memiliki material yang berat. Pilih tas yang memiliki banyak kantong dan bisa diakses dengan mudah dari luar tanpa harus membongkar seluruh isi tas. Kedua, setelah menentukan tas yang akan digunakan, buatlah daftar bawaan. Untuk ukuran satu tas, inilah beberapa hal yang harus ada di dalam tas:

  • Tiga pasang baju ditambah satu gaun untuk wanita. Perbanyak kaus kaki, pakaian dalam, dan atasan daripada bawahan. Tambahkan satu jaket atau cardigan bila perlu. Baiknya, masing-masing tipe baju di kemas sendiri di dalam tas kecil untuk memudahkan mengorganisir. Jangan langsung meletakkan pakaian dengan lipatan seadanya, selain makan tempat, kemungkinan pakaian akan berkerut sangat tinggi.Cara terbaik mengemas pakaian dengan baik adalah menggulungnya dengan benda lain. Misalnya, ambil sepatu, lalu gulung baju atau celana mengitari sepatu itu, dan seterusnya. Teknik ini bisa mengurangi kerutan dan menghemat tempat.
  • Dua pasang sepatu, atau satu sepatu dan satu sandal, tergantung daerah tujuan. Jika hendak kepantai, lebih baik mengemas satu sepatu dan satu sandal, atau sepatu sandal. Jika hendak kedaerah perkotaan, bawa satu sepatu semi formal dan satu sepatu santai. Letakkan sepatu dibagian paling bawah tas, bungkus dengan plastik atau kain tipis terlebih dahulu. Bagian tumit harus berada dibagian paling bawah.
  • Meski terlihat sepele, handuk bisa menjadi probem utama saat harus bepergian dengan satu tas, lantaran handuk termasuk barang yang bisa makan tempat dan berat. Karena itu, pilihlah handuk berbahan fiber khusus traveling yang sangat ringan dan tipis, dan bisa dilipat hingga kecil.
  • Jangan lupakan obat-obatan pribadi seperti tetes mata, balsem pereda nyeri, plester luka, vitamin, dan obat sesuai resep dokter jika ada. Saat bepergian keluar negeri, pastikan obat-obatan sesuai resep dokter tadi beredar resmi di negara tujuan.
  • Snack ringan seperti cokelat atau protein bar dan botol air yang bisa diisi ulang, wajib ada.
  • Jangan lupakan perangkat teknologi seperti telepon genggam dan charger, kamera, memory card, perangakat pemutar musik, dan komputer tablet. Namun sebisa mungkin tinggalkan saja barang-barang elektronik yang tak terlalu dibutuhkan. Komputer tablet misalnya, jika sudah menggunakan smartphone, tidak perlu membawa tablet karena pada dasarnya fungsinya sama saja. Lebih baik memaksimalkan fungsi smartphone karena ukurannya lebih kecil dan ringan.
  • Peralatan mandi yang berukuran dibawah 100ml seperti sampo, sabun, body lotion, dan pasta gigi. Khusus alat-alat ini harus dimasukkan kedalam plastik transparan bersegel.
  • Sikat gigi, hand santizer, lensa kontak atau kacamata, kantong plastik, dan deterjen mini.
  • Dokumen penting seperti paspor, KTP, tiket pesawat, bukti penginapan, SIM, alat tulis, kartu kredit, dan uang tunai seperlunya. Bawa juga copy dari dokumen-dokumen penting tersebut. Yang asli selalu bawa kemanapun anda pergi, dan copy-nya bisa ditinggalkan di tas lain atau di kirimkan ke kerabat atau rekan untuk cadangan, Boleh juga menyimpan file dokumen penting di dalam email yang bisa diakses dari seluruh dunia jika sewaktu-waktu yang asli hilang atau tercecer.
  • Jika tak bisa menghindari kebiasaan berbelanja atau membeli oleh-oleh, mungkin bisa mempertimbangkan opsi untuk mengirim  semua belanjaan lewat pos atau jasa pengiriman barang, dari pada harus dibawa  dan menambah biaya bagasi. Kalaupun harus memebeli oleh-oleh, pilih barang berukuran kecil dan ringan seperti kartu pos.
  • Jangan lupa memberi label khusus dibagian luar dan dalam tas. Meski hanya membawa tas ukuran kabin, pastikan semua data penting seperti nama, alamat, dan nomor telepon tercantum pada tas.
  • Tinggalkan buku-buku perjalanan yang tebal. Fotocopy bagian-bagian penting atau beli e-book untuk diunduh di smartphone.
  • Jika harus membongkar tas saat tiba di tmpat tujuan, sangat penting untuk tidak meletakkan barang-barang terlalu jauh dari tas, agar saat harus mengemas kembali, tak ada yang tertinggal atau hilang.
  • Meskipun hanya menenteng tas kabin, sangat penting untuk tidak melupakan membawa gembok kecil untuk keamanan.

suitcase Memang tak mudah untuk menguasai teknik mengemas barang-barang ke dalam satu tas. Tapi banyak manfaat yang bisa didapat dari teknik ini, yang utama adalah keamanan. Setiap saat bawaan akan selalu bersama dengan anda. Manfaat lainnya tentu dari segi ekonomi. Penumpang dengan satu tas dapat terhindar dari biaya bagasi yang semakin lama semakin mencekik. Membawa hanya satu tas juga memberikan keleluasaan lebih bagi pelancong, terutama yang menyukai hal-hal bersifat spontan. Bepergian dengan satu tas juga dapat meredakan stres selama perjalanan. Pelancong akan memiliki lebih banyak waktu karena tak perlu disibukkan dengan mengemas barang-barang terlalu lama. Belum lagi anda akan terhindar dari antrian panjang di check in counter. Ringkas, bukan? Menjelajahi tempat wisata pilihan makin seru dengan deretan koper dengan gaya kaya warna. ko1   ko3 Tips: 1. Bagi yang ingin berlibur ke pantai atau wisata dalam air lainnya, anda bisa memilih koper berbahan polikarbinat yang tidak mudah basah bila terkena air. Namun begitu, hati-hati dengan koper berbahan dasar polikarbonat yang cenderung mudah penyok dan rusak. 2. Jika gunung atau suasana alam yang asri adalah tujuan berlibur anda, koper atau ransel berbahan dasar kulit asli adalah pilihan yang sangat tepat. Pilih warna-warna yang cenderung gelap agar koper atau rasel anda tak mudah kotor. koper kulit 3. Siasati barang bawaan yang kelewat banyak dengan pilihan koper atau ransel yang memiliki banyak ruang pada sisi dalam dan luarnya. over packing

 

Opini penulis tentang topik ini:

Menurut saya, persiapan sebelum bepergian itu sangatlah penting. Apalagi persiapan dalam mengepak barang-barang bawaan agar dapat seefisien mungkin dibawa. Maka dari itu kali ini saya membuat tulisan tentang tips-tips mengepak barang. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua para pelancong dan kalian semua yang suka melakukan bepergian.

Source: Tabloid Nova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s