Kepariwisataan (Tulisan 18)

Wisata Alam Provinsi Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Provinsi Sumatera Barat banyak memiliki tempat-tempat wisata yang sangat Indah dan bisa di katakan bertaraf Internasional. Objek Wisata di Provinsi ini tersebar hampir di setiap Kabupaten Kota, dari mulai wisata alam, sejarah dan Budaya akan membuat pengunjung merasa terkesan jika melakukan Liburan di Provinsi tempat kelahiran Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Bunga Hatta.

Berikut adalah objek-objek wisata alam yang berada di Provinsi Sumatera Barat:

1. Ngarai Sianok

ngarai sianok sumbar

Panorama Ngarai Sianok di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award ( PTA ) 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007.

Ngarai Sianok berhasil mengalahkan objek wisata Pantai Padang, kawasan wisata tambang di Sawahlunto, Pantai Carocok di Pesisir Selatan, Embun Pagi di Agam, Danau Kembar di Kabupaten Solok, Lembah Harau di 50 Kota dan Anai Resort di Padang Pariaman.Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah.

Ngarai ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Patahan-patahan ngarai membentuk dinding yang curam, bahkan ada yang tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.

2. Danau Maninjau

danau maninjau sumbar

Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah satu dari danau yang paling menakjubkan di Indonesia. Terletak 35 kilometer dari kota Bukittinggi, Danau vulkanik ini terletak kurang lebih 461 meter di atas permukaan laut. Dengan ukuran kurang lebih 100 meter persegi dengan kedalaman maksimum 500 meter.Danau Maninjau memiliki resor berbintang lima yang berada di puncak bukit. Dengan pemandangan yang menyenangkan dan menenangkan hati, menginap di daerah Maninjau akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Desa Maninjau terletak di samping danau. Buya Hamka, salah satu sastrawan terkenal di Indonesia, dilahirkan di Desa ini.

3. Danau Singkarak

Tanjuang Mutuh

Danau Singkarak adalah  adalah Danau Terluas di Sumatera Barat, dan terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba. Danau ini mempunyai luas lebih kurang 107.8 km. Kita bisa bersantai sejenak di pinggiran danau dengan pemandangan yang menakjubkan, Latar Belakang bukit barisan di sepanjang pinggiran danau semakin menambah keindahan danau. Udara yang terasa segar dan angin yang terasa sejuk menyapa begitu kita berhenti di pinggiran Danau singkarak ini.

Lokasi Danau Singkarak ini juga terbilang cukup strategis jika anda ingin berkeliling ke beberapa objek wisata di Sumatera Barat. Danau ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang. Dengan posisi yang demikian jika anda ingin menuju ke Danau Singkarak, dari Kota Padang, anda mempunyai dua pilihan rute yakni melalui Kota Solok atau Kota Padang Panjang.

Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium, kecuali di Danau Singkarak.

4. Danau Atas Bawah

6danau atas bawah sumbarmorning view of danau atas bawah

Objek Wisata Danau Atas Bawah ini berada di dekat Kota Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah terlihat unik karena berada lokasinya yang berdekatan. Bedanya hanya terletak pada ketinggian kedua danau tersebut. Danau Di Atas berada pada ketinggian 1.531 mdpl, sementara dan Danau Di Bawah berada pada ketinggian 1.663 mdpl.

Danau yang biasanya pertama kali didatangi pengunjung adalah Danau Di Bawah. Danau Di Atas memiliki air yang bisa dibilang tidak begitu dalam untuk ukuran danau, yaitu 44 meter.Di danau ini, Anda bisa berwisata air dengan menaiki perahu yang disewakan.

Tidak seperti Danau Di Atas, di Danau Di Bawah pengunjung tidak bisa melakukan wisata air. Ini dikarenakan dalamnya air sekitar 800 m, tetapi pemandangan di sekitar danau ini sangat asri, bagus untuk diabadikan dengan kamera.
Untuk mengunjungi Danau ini anda dapat melakukan perjalanan dari Kota Padang ke rute Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok.

5. Pantai Embun Pagi

embun-pagi.sumbar

Pantai Embun Pagi berada di Desa Padang Gelanggang, sekitar 24 Km dari Bukittinggi. Di Pantai ini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan butiran Pasir yang bersih berkilau di sinari Matahari. Para Wisatawan biasanya singgah terlebih dahulu ke Pantai ini sebelum ke Danau Maninjau untuk menikmati Pemandangan Pantai Embun Pagi. Bagi anda yang ingin menikmati Pemandangan Danau Maninjau, jangan lupa singgah agar liburan anda semakin berkesan.

6. Gua Jepang

goa-jepang-di-bukittinggi

Bukittinggi, Salah satu Objek Wisata yang ramai di kunjungi wisatawan adalah Lubang Japang atau Gua Jepang yang masih berada di areal pusat kota Bukittinggi.

Gua Jepang adalah bukti sejarah pendudukan Jepang yang masih tersisa hingga sekarang. Lubang gunung yang berdinding batu keras ini panjangnya puluhan meter.  Dengan rongga berbentuk setengah lingkaran yang rata-rata tingginya sekitar dua meter itu kecuali beberapa rongga yang memaksa para pengunjung membungkuk untuk melewatinya. Gua ini panjang sebenarnya satu setengah kilometer, sekarang hanya sekitar 750 meter. Gua Jepang itu terbagi dalam beberapa kamar. Mulai dari lorong untuk rapat mereka, tempat makan hingga kamar para tahanan yang orang Indonesia. Ada 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 buah ruang amunisi, dua ruang makan romusha dan satu ruang sidang. Yang unik adalah, karena lorong gua ini punya beberapa saluran untuk ke atas tanah, beberapa lorong dipakai sebagai lorong penyergapan dan pengintaian bagi para penduduk Indonesia yang kebetulan melintasi daerah itu pada masa perang.

8. Lembah Anai

lembah anai sumbar

Salah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, tepatnya di Nagarai Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 38 km dari arah Batusangkar. Ini adalah kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai yang di tetapkan semenjak kolonial Belanda.
Sebelum sampai ke lokasi Lembah Anai, dari kota Padang maupun kota Bukittinggi, kamu akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sisi jalan banyak ditumbuhi pepohonan yang tampak lembah dan bukit menghijau, tak jarang kamu akan melihat monyet-monyet berkeliaran.

vacation-star.blogspot.com_anai valley2

Cagar Alam Lembah Anai adalah kawasan hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, kawasan ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Keindahan alam serta flora dan fauna yang langka adalah daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu air terjun tersebut berada di pinggir jalan, sedangkan dua diantaranya masih tertutup oleh rerimbunan pohon yang lebat namun masih bisa di jangkau sekitar 15 menit perjalanan dari air terjun Lembah Anai, selain itu jika kamu ingin pergi ke telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.

8. Selancar dan Wisata Pantai di Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat – Sipora berada lebih kurang 135 km dari Kota Padang dapat dicapai melalui laut dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata atraksi atau bahari yang terkenal adalah kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.

 

Opini penulis tentang Wisata Alam Provinsi Sumatera Barat:

Menurut saya, banyak sekali objek wisata yang menarik di Sumatera Barat. Saya sendiri yang kebetulan bersuku minang atau biasa disebut orang padang, sangat sangat mengakui akan keindahan alam Sumatera Barat. Karena letak kampung halaman saya berada di Danau Maninjau, tepatnya di desa Pandan, jadi saya sangat bersyukur pernah menyaksikan langsung salah satu keindahan alam Indonesia yang sangat mengagumkan ini. Keindahan alam di danau maninjau yang masih asri, tapi sayangnya gempa bumi yang terjadi pada 30 September 2009 silam telah memporak porandakan hampir seluruh bagian di wilayah di Sumatera Barat, terutama di kawasan Danau Maninjau. Tetapi setelah tiga tahun terlepas dari bencana tersebut, Sumatera Barat kembali pulih. Sudah banyak rumah-rumah dikampung halaman saya yang telah dibangun ulang akibat gempa. Saya sangat merekomendasikan objek-objek wisata ini, dan saya yakin anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke tempat ini.

Source:

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Barat

http://wisata.tokobunganusantara.com/sumatera-barat/html

http://helmizonrahman.blogspot.com/2012/07/22-tempat-wisata-terindah-di-sumatera.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s