Kepariwisataan (Tulisan 20)

Wisata Alam Nusa Tenggara

Nusa Tenggara Barat atau Bumi Gora merupakan provinsi yang memiliki dua pulau yaitu Sumbawa dan Lombok. Menurut sebagian orang yang pernah berwisata ke NTB, Lombok jauh dianggap lebih indah, eksotik dan menawarkan lebih banyak pilihan tempat Wisata dibandingkan Sumbawa. Terutama dengan keindahan kawasan pantainya yang sudah dikenal hingga ke belahan Benua Eropa.

Pesona Objek Wisata Pantai di Lombok memang tak ada habisnya. Beragam tempat wisata dan atraksi budayanya yang dapat dinikmati. Wisatawan tinggal pilih, mau berwisata sejarah, berwisata pantai atau pun berwisata belanja. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selain daerah agraris juga dikenal dengan kepariwisataannya. Bahkan pemerintah daerah setempat pada tahun ini menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara, minimal 13 persen dibandingkan tahun lalu.

Pulau Lombok memiliki magnet tersendiri bagi para pelancong yang ingn menikmati nuansa wisata yang berbeda. Terutama gili-gili (pulau kecil) yang menjadi primadona bagi pecinta wisata bahari.

Lombok dikenal memiliki kekayaan wisata pantai, sebut saja Senggigi yang sudah tersohor luas. Letaknya strategis hanya butuh perjalanan 15 menit dari kota Mataram dengan menggunakan kendaraan mobil. Kawasan pantai Senggigi sejak tahun 1980 sudah diperkenalkan kepariwisataannya, dan menjadi ikon pariwisata di NTB. Saat ini, puluhan hotel mulai dari kelas bintang 3 sampai 5 memadati kawasan ini dari selatan hingga utara.

Berikut adalah tempat-tempat wisata di Nusa Tenggara:

1. Pulau Lombok

Lombok_Indonesia

Ber wisata ke pulau lombok tentunya sungguh sangat menarik, sebuah pulau yang mempunyai beberapa obyek wisata yang mendunia di indonesia selain bali dan beberapa tempat wisata yang lainya seperti raja ampat. pulau lombok mempunyai wisata yang menarik antara lain pantai senggigi, pantai kuta lombok, wisata mendaki gunung rinjani, dan yang paling menarik buat saya adalah wisata ke pulau gili gili yang masih termasuk kawasan lombok. di lombok ada tiga pulau gili yaitu, gili trawangan, gili meno dan gili air. banyak sekali wisata yang di tawarkan di gili gili lombok antara lain scuba diving, snorkeling, bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para walkers yang ingin belajar berkuda mengelilingi pulau gili trawangan.

Uniknya di gili gili lombok tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi gili adalah sepeda dan banyak di sewakan untuk para walkers yang ber wisata ke gili dan ada kendaraan unik seperti dokar yang sering di sebut cimodo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok.

2. Pulau Gili Tarawang

GILITRAWANGAN

Gili trawanganadalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut lombok, gili trawangan termasuk yang paling ramai di kunjungi para wisatawan, Di antara ketiga gili tersebut, gili trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam, bahkan  kedai “Tîr na Nôg” mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar irlandia-nya. di gili trawangan banyak sekali sarana akomodasinya, jadi para walkers ngga perlu kuatir berlibur ke gili trawangan.

3. Pulau Gili Meno

gili meno

Seperti halnya gili trawangan, gili meno juga sangat indah, bila walkers ke gili meno dengan menggunakan settle dari pantai senggigi, walkers cuma butuh 45 menit, dan walkers akan menemukan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan selama 45 menit.

4. Pulai Gili Air

gili-island

Semua gili gili di lombok sungguh sangat indah, dan semua kondisinya hampir sama. gili air adalah gili terkecil di antara ke tiga gili. gili air sangat terkenal dengan nuansa bulan madunya yang cukup menggiurkan, dan tak salah bila banyak turis lokal maupun manca negara memilih gili air sebagai salah satu tujuan wisata untuk ber bulan madu.

the_gili_islands_

Perjalanan Pariwisata

Banyak alternatif untuk ber wisata menuju lombok dan gili gili di lombok, walkers bisa menggunakan jalur udara ke bandara selaparang mataram, atau melalui jalur laut dari padang bai bali ke lembar lombok. dilanjutkan ke pantai senggigi karena untuk ke tiga gili paling mudah lewat pantai senggigi. setelah walkers di senggigi, tak perlu kuatir, karena sudah banyak agen tour dan travel ataupun persewaan boat ke gili gili di lombok. biasanya untuk ke gili gili wisata wan menggunakan settle atau boat. bila dengan boat walkers cuma butuh merogoh kocek sekitar Rp 400.000,- untuk satu boat dan bila menggunakan settle walkers cuma butuh Rp 60.000,- per kepala. sungguh pilihan yang sama sama murah, tergantung walkers ber wisata rame rame atau cuma segelintir orang.

 

Opini penulis tentang wisata alam Nusa Tenggara:

Menurut saya, Nusa Tenggara merupakan provinsi yang memiliki keindahan yang luar biasa. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga akan hal itu, banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk berwisata ke luar negeri, tetapi kebanyakan dari mereka sesungguhnya belum mengenal betul wisata-wisata yang tak kalah menakjubkan yang berada di negara mereka sendiri. Memang, lokasi tujuan wisata berhak ditentukan oleh masing-masing individu, tetapi alangkah baiknya jika kita warga Indonesia memulai wisata kita dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di negara sendiri. Mengenal keindahan alam Indonesia yang tak kalah menarik dari negara-negara lain. Saya sendiripun, sangat ingin mengunjungi tempat ini jika memiliki kesempatan dan biaya akomodasi yang cukup.

 

Source:

http://wisatanusatenggara.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s