Ilmu Sosial Dasar (Tugas 7)

1. Kasus yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan teknologi barat dengan di Indonesia

Kasus mengenai IPTEK yang saat ini marak terdengar adalah kasus penyadapan indonesia oleh australia. Hal ini dipicu oleh sikap indonesia yang masih belum bisa menentukan kawan dan lawan dalam politik hingga membuat australia memutuskan untuk melakukan penyadapan.

Analisis : karena teknologi yang canggih batasan dunia sudah sulit diketahui sehingga negara- negara barat yang maju dapat dengan mudah menggunakan IPTEK dapat dibuktikan dengan adanya kasus penyadapan yang dilakukan australia kepada indonesia.

 

2. Peranan teknologi dalam mengatasi kemiskinan

“HATTA RAJASA: TINGKATKAN PERAN IPTEK GUNA KEMAJUAN BANGSA”

“Pastikan para perekayasa dapat tampil sebagai game-changer atau pencetus perubahan berwawasan kemajuan, di berbagai ranah pembangunan ekonomi. Sejarah peradaban mengajarkan, tidak ada satu bangsa dan negara yang maju tanpa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi”, demikan dikatakan Dr.(H.C) Ir. M. Hatta Rajasa dalam Orasinya kala penganugrahan Perekayasa Utama Kehormatan Bidang Kebijakan Teknologi 2013 dengan tema “Akselerasi Pembangunan Berbasis Pengetahuan: Optimalisasi Kebijakan Inovasi” di BPPT. (26/08)

Peran inovasi teknologi dalam pembangunan ekonomi dimasa lalu yang sering hanya sebatas menggelorakan peningkatan produktivitas dan daya saing, juga harus segera di transformasikan secara fundamental. Saat ini dan kedepan, menurut Hatta, inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi harus semakin difokuskan pada keberpihakan bagi ekosistem. Peningkatan produktivitas dan daya saing juga harus makin diarahkan guna mendukung peningkatan kualitas preservasi dan kelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan serta pengelolaan sumberdaya terbarukan yang ramah lingkungan.

Guna mewujudkan upaya itu, melalui MP3EI terus digelorakan pembangunan sumber daya manusia yang makin berkualitas dengan mencetak tenaga kerja terampil berlatar belakang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pembangunan sumber daya manusia berkualitas dilakukan dengan terus mempertajam kualifikasi  dan kualitas pendidikan hingga makin relevan dengan tuntutan pembangunan. MP3EI sejatinya menurut Hatta adalah kebijakan ekonomi, namun MP3EI juga dapat kita manfaatkan sebagai kebijakan teknologi guna mendukung pembinaan dan pengembangan profesi perekayasa sebagai pilar penopang daya saing pembangunan ekonomi.

Pembangunan keenam koridor ekonomi yang berintikan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan kawasan dan industri, termasuk infrastruktur telekomunikasi dan informasi dapat kita arahkan untuk memfasilitasi dan mendorong kepeloporan para perekayasa dalam mempercepat proses diberbagai ranah kegiatan ekonomi. Penyebaran inovasi seperti itu, diharapkan dapat menumbuhkan beragam industri nasional yang makin inovatif, ungkap Hatta. Gelar Perekayasa Utama Kehormatan sendiri merupakan bentuk penghormatan kepada warga negara pilihan atas jasa-jasanya yang sangat besar dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.  Penyematan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan dilakukan oleh Ketua Majelis Perekayasa Utama Kehormatan yang juga Kepala BPPT Marzan A Iskandar kepada Dr. (HC) Ir. M. Hatta Rajasa sebagai tokoh yang mampu membawa perubahan pada kebijakan pemerintah dimasa mendatang kearah pembangunan ekonomi yang berdasarkan pada pemanfaatan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penganugrahan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2007 sampai 2013 ini dalam rangka memperingati HUT BPPT yang pada tahun ini menginjak usia ke 35. Hingga saat ini gelar Perekayasa Utama Kehormatan telah diberikan kepada tujuh putra putri terbaik bangsa ini dalam berbagai bidang. Turut hadir pada acara tersebut Presiden RI ke III B.J Habibie, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu kedua, Kepala Lembaga Pemerintahan Non Kementerian,  para perekayasa serta para undangan.

Analisis:

Menurut saya, rencana yang telah dijabarkan secara singkat diatas dapat dijadikan sebagai pedoman sementara sebelum menemukan pedoman lain yang dapat melengkapinya. Dengan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk meningkatkan tenaga kerja dan strukturisasi pembangunan di Indonesia, maka hal ini perlu didukung agar dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Serta adanya bentuk penghargaan merupakan salah satu wujud dalam memberikan tanda jasa dan hal tersebut dapat membangun semangat dan memunculkan inovasi-inovasi baru dalam menciptakan keadaan yang membaik di dalam segala bidang terutama pada tanah air kita yang tercinta ini.

 

 

Referensi:

http://venitalavia.wordpress.com/2010/03/01/isd-ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/

http://anwarabdi.wordpress.com/2013/05/04/ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/

http://wantysastro.wordpress.com/2012/11/10/perkembangan-iptek-di-indonesia/

http://www.bppt.go.id/index.php/daftar-berita-setama/1760-hatta-rajasa-tingkatkan-peran-iptek-guna-kemajuan-bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s