Komunikasi Bisnis #1

  1. KOMUNIKASI

Pengertian komunikasi itu sendiri menurut para pakar komunikasi mengacu pada aktivitas hubungan manusia yang biasa terjadi secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dibawah ini merupakan beberapa pengertian komunikasi menurut para pakar komunikasi diantaranya:

  • Berelson dan Stainer (1964), komunikasi adalah proses penyampaian informasi,gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol sepertikata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
  • Lasswell (1960), komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? Withwhat effect?)
  • Hovland, Janis & Kelley (1953), komunikasi adalah suatu proses melalui manaseseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya(khalayak).
  • Oxford Dictionary (2010 : 213) menguraikan pengertian komunikasi atau communication is the sending or exchange of information, ideas, etc. (Komunikasi merupakan pengiriman atau tukar informasi dan sebagainya).
  • Menurut Phil. Astrid Susanto (2010 : 213) mengemukakan bahwa komunikasi adalah proses pengoperasian lambang-lambang yang mengandung arti.

Dari beberapa pengertian komunikasi diatas dapat dipahami bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dapat berupa ide, informasi, emosi, keterampilan dan sebagainya melalui simbol atau lambang yang dapat menimbulkan efek berupa tingkah laku yang dilakukan dengan menggunakan media-media tertentu.

Pendapat lain untuk menambah wawasan kita adalah definisi komunikasi menurut Harold Lasswell dalam buku The Structure and Function of Communication in Society. Ia menjelaskan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah menjawab pertanyaan sebagai berikut: Who Says What in Which Channel To Whom With What Effect?

Cara berpikir Lasswell di atas mengindikasikan bahwa komunikasi mencakup 5 unsur sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan, yakni:

  1. Komunikator (communicator, source, sender)
  2. Komunikan (communicant, communicatee, receiver, recipient)
  3. Media (channel, media)
  4. Pesan (message)
  5. Efek (effect, impact, influence)

Sehingga, secara sederhana berdasarkan pemikiran Lasswell tersebut, definisi komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.

    2. BISNIS

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melkakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

  • Steinford (1979), business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
  • Huat, T Chwee (1990), bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
  • Griffin dan Ebert (1996), business is all those activities involved in providing the goods and servicesneeded or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
  • Allan Affuah (2004), bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentranformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

3. KOMUNIKASI BISNIS

Secara umum komunikasi bisnis memiliki pengertian sebagai pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal. Berikut adalah pengertian Komunikasi Bisnis menurut beberapa ahli:

  • Persing (1981:108). Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian & Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi & memasarkan barang-barang & jasa guna memperoleh keuntungan.
  • Katz (1994:4). Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, & konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
  • Rosenbalt (1982:7). Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi & sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol / tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

   4. ALFAMART

alfamart-726022

Profil Perusahaan

Didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart/ Perseroan), mengawali usahanya di bidang perdagangan dan distribusi, kemudian pada 1999 mulai memasuki sektor minimarket. Ekspansi secara ekponensial dimulai Perseroan pada tahun 2002 dengan mengakusisi 141 gerai Alfaminimart dan membawa nama baru Alfamart. Saat ini Alfamart merupakan salah satu yang terdepan dalam usaha ritel, dengan melayani lebih dari 2,1 juta pelanggan setiap harinya di hampir 6.000 gerai yang tersebar di Indonesia. Alfamart menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, tempat belanja yang nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau. Didukung lebih dari 60.000 karyawan menjadikan Alfamart sebagai salah satu pembuka lapangan kerja terbesar di Indonesia.

Alfamart adalah gerai komunitas, karenanya  Alfamart selalu berpartisipasi dalam meningkatkan  kesejahteraan masyarakat melalui program  Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang terbagi menjadi Alfamart Care yang membantu masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial. Alfamart Smart mendukung bidang pendidikan, Alfamart Sport mensponsori kegiatan olahraga, Alfamart Clean and Green mewujudkan lingkungan yang sehat, Alfamart SMEs membantu pengusaha kecil dan menengah yang ada di sekitar geraigerai Alfamart serta Alfamart Vaganza yang secara aktif ikut terlibat dalam pengembangan seni dan budaya.

Atas segala prestasi dan perannya dalam masyarakat, Alfamart menerima berbagai penghargaan dari intitusi-institusi dengan reputasi terpercaya, di antaranya adalah: Top Brand Award Superbrands Indonesia Awards, Indonesia’s, Service Quality Award, est Brand Award , Indonesia’s Most Admire Company , dan CSR Awards  Alfamart juga berhasil mencapai Store Equity Index tertinggi berdasarkan Nielsen Research selama 5 tahun berturut-turut.

LOGO DAN SLOGAN ALFAMART

Dengan hanya memperhatikan Logo Alfamart sesungguhnya kita bisa mengetahui sebesar apa keinginan Alfamart untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya, hal ini bisa kita lihat pada perbedaan warna dalam tulisan “Alfamart” dalam logo Alfamart tersebut. Disitu kita bisa melihat dengan jelas tulisan “Alfa” diwarnai dengan warna biru tua, dan tulisan “Mart” nya dengan warna merah. Dan tulisan itu pun ditegaskan pula dengan dua garis bawah berwarna merah dan kuning, namun yang terpenting adalah tulian “BELANJAPUAS HARGA PAS” yang berada tepat dibawah dua buah garis didalam logo Alfamart tersebut.

Setelah kita tahu tulisan dan warna apa saja yang ada dalam logo Alfamart tersebut, sekarang saya mencoba menganalisa arti dari tulisan dan warna dalam logo Alfamart tersebut.

Arti kata “Alfa”

Pertama-tama kita coba artikan kata-kata “Alfa” itu sendiri, sebelum kita coba menganalisa arti warna biru tua pada tulisan tersebut. Alfa merupakan huruf pertama dalam susunan alfabet yunani yang memiliki nilai satu, jika kita menganalisa dengan pengertian tersebut tentu kata “Alfa” dalam logo Alfamart tersebut memiliki arti bahwa Alfamart selalu ingin menjadi no 1 dalam bidang yang digelutinya.

Arti warna biru tua pada kata “Alfa”

Seperti kita tahu bahwa warna biru tua mencerminkan atau memiliki makna kesetiaan dan ketekunan. Dengan menyadari hal ini tentu kita bisa menyimpulkan bahwa Alfamart dan segenap karyawan atau pekerja didalamnya akan senantiasa tetap setia memberikan yangterbaik bagi semua pelanggannya, seperti salah satu contohnya dengan Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia. Dan sudah pasti juga mereka memiliki ketekunan dalam menjalankan tugas untuk terus mendorong Alfamart menjadi yang terbaik, semua ini dapat tercermin dari warna biru tua pada tulisan “Alfa” pada logo Alfamart tersebut.

Arti kata “Mart” berwarna merah

Kata “Mart” pada logo Alfamart memiliki arti bahwa ini adalah bidang yang digeluti oleh Alfamart. Dan warna merah yang memiliki arti keberanian dan keinginan yang kuat yang mewarnai tulisan “Mart” pada logo Alfamart tersebut, bermakna bahwa Alfamart akan selalu berani dan berkeinginan kuat untuk bisa menjadi yang terbaik dalam bidangnya tersebut.

Dua garis berwarna merah dan kuning

Adanya dua buah garis dibawah kata “Alfamart” dalam logo Alfamart merupakan penegasan untuk kata tersebut. Sedangkan warna merah yang memiliki arti berani dan keinginan yang kuat, dan warna kuning yang memiliki arti kejayaan dan kebesaran bermakna bahwa Alfamart akan selalu berani dan memiliki keinginan kuat untuk mencapai kejayaan dan menjadi yang terbaik dibidangnya.

Slogan “Belanja Puas Harga Pas”

Dengan adanya kata “Belanja Puas Harga Pas” pada logo Alfamart, Hal ini menjadi jaminan untuk para pelanggannya untuk bisa bebelanja sengan sepuas-puasnya di Alfamart dengan harga yang pas atau sesuai dengan produk yang diinginkannya.

Referensi:

Susanto, Phil. Astrid. (2010). Komunikasi dalam Teori dan Praktek I. Jakarta: Bina Cipta

Oxford Dictionary of English (3rd ed.). (2010): Oxford University Press

http://corporate.alfamartku.com/post/read/id/81/item/18

http://jhekos.blogspot.com/2012/03/logo-alfamart.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s