Komunikasi Bisnis #2

PROPOSAL USAHA

1. Latar Belakang

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Seiring berjalannya waktu dimana kreatifitas manusia dan jaman yang terus berkembang serta pengaruh era globalisasi, manusia membuat jenis-jenis pakaian baru, dari segi model, bahan, warna, ukuran, dan lainnya.

Di era modern ini, fashion merupakan salah satu hal yang sangat digandrungi kaum hawa. Setiap wanita berlomba-lomba untuk tampil cantik dan trendy. Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan desain-desain pakaian dan merk-merk baru, tren pakaian yang terus berubah-ubah seakan tiada hentinya. Salah satunya adalah pakaian dalam atau biasa disebut lingerie. Produk pakaian dalam juga tak kalah diminati oleh para wanita, modelnya yang beragam seakan menarik mata setiap wanita untuk memakainya.

Terinspirasi dari brand pakaian dalam wanita Victoria’s Secret asal Amerika, penulis ingin membuat produk serupa tetapi tentunya dengan ciri khas tersendiri yang hanya dimiliki dan nantinya akan penulis patenkan agar tak ada produk-produk serupa yang berusaha manyamai produk penulis.

Penulis akan membuat produk pakaian dalam, lingerie, pakaian renang, bikini bermotif batik bernama Batik’s Dream. Alasan penulis ingin memproduksi produk tersebut karena penulis ingin membuat sesuatu hal yang baru, membuat motif dan corak baru, tren baru, serta untuk melestarikan Batik Indonesia didalam negeri, maupun keluar negeri dengan cara yang berbeda. Seperti yang kita ketahui Negara Indonesia memiliki banyak sekali pantai-pantai indah, khusus untuk pakaian renang tentu saja nantinya akan diminati banyak kaum wanita.

2. Manfaat Usaha

          2.1. Manfaat Ekonomis

Salah satu tujuan utama suatu usaha udalah mencari keuntungan, tentu saja penulis barharap untuk meraup keuntungan dari usaha ini, keuntungan bagi sang penulis serta memberikan keuntungan dan membantu meningkatkan perekonomian para pekerja atau para penjahit yang penulis pekerjakan, penulis memberikan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah keatas.

         2.2  Manfaat Sosial

Dengan usaha yang penulis miliki, penulis dapat menciptakan pekerjaan, melestarikan batik Indonesia, membantu memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat akan pakaian dalam, lingerie, maupun pakaian renang.

3 Rumusan Masalah

  • Bagaimana prospek jangka pendek dan jangka panjang dari usaha Batik’s Dream?
  • Strategi apa yang dipakai untuk memasarkan produk pakaian dalam Batik’s Dream?
  • Keunggulan apa yang dimiliki Batik’s Dream sehingga dapat menarik perhatian para konsumen?

4. Produk

Pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, dan bikini bermotif batik berbahan halus, nyaman dipakai,  rancangan menarik dan cantik, harga terjangkau.

5. Analisis SWOT

  5.1 Strength (kelebihan)

  • Batik’s Dream merupakan satu-satunya brand yang menawarkan pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, dan bikini bermotif batik
  • Harga Batik’s Dream yang relative terjangkau
  • Bahan halus dan nyaman dipakai
  • Desain unik, cantik dan menarik
  • Tahan lama, tidak mudah melar, jahitan rapi dan berkualitas baik

5.2 Weaknesses (kelemahan)

  • Pandangan dari sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap batik adalah sesuatu yang kuno dan tidak moderna, konsumen golongan ini akan cenderung tidak tertarik dengan Batik’s Dream
  • Motif dan corak yang monoton, karena Batik’s Dream hanya menawarkan motif dan corak batik saja

5.3 Opportunities (peluang)

  • Pangsa pasar luas
  • Konsumen dari luar negeri cenderung menyukai sesuatu yang berbau asli dari Indonesia, sehingga minat konsumen dari luar negeri diperkirakan akan tinggi
  • Jika pemasaran berjalan dengan baik, Batik’s Dream akan menjadi tren di Indonesia bahkan di seluruh dunia, karena pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, dan bikini motif batik merupakan sesuatu yang sangat khas dan mudah di ingat konsumen, sehingga jika konsumen melihat pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, atau bikini bermotif batik, yang ada di dalam benak konsumen adalah Batik’s Dream

  5.4 Threats (ancaman)

  • Ada kemungkinan konsumen lebih memilih produk lain dikarenakan motif produk lain yang lebih beragam
  • Produk pesaing yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia pakaian dalam

6. Rencana Usaha

  6.1 Rencana Jangka Pendek

  • Produksi dan pembuatan masih dilakukan oleh penulis sendiri
  • Produksi dan stok masih terbatas
  • Pemasaran melalui online dan orang-orang disekitar

          6.2 Rencana Jangka Menengah

  • Membuka toko sendiri dirumah dan di beberapa mall
  • Memiliki keuntungan untuk perkembangan produksi berikutnya
  • Melayani konsumen mancanegara

  6.3 Rencana Jangka Panjang

  • Memperluas pemasaran dan membuka toko di pulau-pulau tropis di Indonesia seperti Kepulauan Seribu, Lombok, Bali, dll.
  • Mengadakan peragaan busana sendiri yang menampilkan produk-produk Batik’s Dream minimal di Indonesia
  • Mulai mengiklankan di majalah ataupun katalog
  • Memiliki website sendiri www.batiksdream.com
  • Memilki karyawan sendiri

7. Analisis Pasar dan Pemasaran

7.1 Segmentasi pasar (segmenting):

Segmentasi pasar Batik’s Dream membidik kalangan remaja hingga dewasa bahkan orang tua, usia 15-50 tahun.

  7.2 Target Pasar (targeting):

Para remaja SMP maupun SMA, mahasiswi, pekerja, hingga orang tua, para wanita yang ingin tampil sexy dan menyukai wisata pantai dan kegiatan berenang.

          7.3 Strategi Pemasaran

Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran perusahaan yangterdiri dari bauran pemasaran product, price, promotion (3P) :

  • Product

Pakaian dalam, lingerie, pakaian renang, bikini bermotif batik bernama Batik’s Dream

  • Price

Harga berkisar Rp 20.000 – Rp 300.000,- per piece

  • Promotion

-Iklan (Advertising)

Media Cetak         : Majalah, Tabloid, Katalog

Media Online        : Facebook, Twitter, Instagram, Website Batik’s Dream

-Sales Promotion

Promosi melalui acara/ pameran bazaar di mall atau pusat perbelanjaan. Promosi melalui festival/ acara di pantai atau pulau-pulau tropis.

-Personal selling

Promosi dengan cara menjual langsung kepada konsumen dan teman-teman.

8. Strategi Promosi

  • Diskon Bulanan minimal 15% untuk produk-produk tertentu
  • Buy 1 get 1 untuk produk-produk tertentu
  • Kupon potongan harga untuk setiap pembelian min. Rp 300.000,-
  • Menyediakan parcel cantik khusus untuk hari valentine untuk para pria yang ingin memberikan hadiah untuk sang kekasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s