PROPOSAL USAHA BISNIS BERSAMA

Produk sebelumnya: Batik’s Dream

Produk terbaru: Dream Wax

Disusun oleh:

  • Annisa Sutan Zainal
  • Asti Febriani
  1. Latar Belakang

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Seiring berjalannya waktu dimana kreatifitas manusia dan jaman yang terus berkembang serta pengaruh era globalisasi, manusia membuat jenis-jenis pakaian baru, dari segi model, bahan, warna, ukuran, dan lainnya.

Di era modern ini, fashion merupakan salah satu hal yang sangat digandrungi kaum hawa. Setiap wanita berlomba-lomba untuk tampil cantik dan trendy. Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan desain-desain pakaian dan merk-merk baru, tren pakaian yang terus berubah-ubah seakan tiada hentinya. Salah satunya adalah pakaian dalam atau biasa disebut lingerie. Produk pakaian dalam juga tak kalah diminati oleh para wanita, modelnya yang beragam seakan menarik mata setiap wanita untuk memakainya. Tak hanya pakaian dalam, pakaian renang atau bikini juga mengalami perkembangan yang pesat terutama di dunia mancanegara, model, jenis dan bentuknya semakin beragam.

Setelah sukses dengan produk sebelumnya yaitu Batik’s Dream, penulis membuat brand terbaru yaitu “Dream Wax”, demi untuk mengembangkan usahanya, penulis bekerja sama dengan seorang partner, dimana tak hanya pakaian dalam dan pakaian renang saja yang penulis tawarkan, tetapi akan ada sesuatu yang baru, yaitu “Sugar Wax” produk untuk menghilangkan bulu yang 100% terbuat dari bahan alami, dapat dipakai dimanapun dan kapanpun dibutuhkan. Dengan kemasan yang simple dan menarik, Sugar Wax akan membantu menghilangkan bulu yang mengganggu penampilan tanpa harus membuang waktu dan tanpa menumbulkan rasa sakit.

Seperti kita ketahui, manabila kita akan memakai pakaian renang ataupun lingerie, tak enak rasanya jika ada bulu-bulu yang mengganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Maka dari itu, penulis menawarkan produk baru yang sangat cocok untuk siapa-siapa saja yang ingin mengenakan pakaian dalam ataupun pakaian renang dengan percaya diri.

2. Manfaat Usaha

          2.1. Manfaat Ekonomis

Salah satu tujuan utama suatu usaha udalah mencari keuntungan, tentu saja penulis barharap untuk meraup keuntungan dari usaha ini, keuntungan bagi sang penulis serta memberikan keuntungan dan membantu meningkatkan perekonomian para pekerja atau para penjahit yang penulis pekerjakan, penulis memberikan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah keatas.

           2.2  Manfaat Sosial

Dengan usaha yang penulis miliki, penulis dapat menciptakan lapangan pekerjaan, melestarikan batik Indonesia, membantu memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat akan pakaian dalam, lingerie, maupun pakaian renang, mambantu konsumen menghilangkan bulu-bulu yang tak di inginkan.

3. Rumusan Masalah

  • Bagaimana prospek jangka pendek dan jangka panjang dari usaha dari produk-produk Dream Wax?
  • Strategi apa yang dipakai untuk memasarkan produk-produk Dream Wax?
  • Keunggulan apa yang dimiliki produk-produk Dream Wax sehingga dapat menarik perhatian para konsumen?

4. Produk

Pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, bikini bermotif batik berbahan halus, nyaman dipakai,  rancangan menarik dan cantik, harga terjangkau, Sugar Wax penghilang bulu-bulu mengganggu yang membuat tak percaya diri.

  1. Analisis SWOT

  5.1 Strength (kelebihan)

  • Dream Wax merupakan satu-satunya brand yang menawarkan pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, dan bikini bermotif batik
  • Harga produk-produk Batik’s Dream yang relative terjangkau
  • Bahan halus dan nyaman dipakai
  • Desain unik, cantik dan menarik
  • Tahan lama, tidak mudah melar, jahitan rapi dan berkualitas baik
  • Salah satu produk dari Dream Wax yaitu Sugar wax menjadi satu-satunya produk penghilang bulu berbahan alami dan tidak menimbulkan iritasi
  • Produk Sugar Wax mudah di gunakan dan dibawa

5.2 Weaknesses (kelemahan)

  • Pandangan dari sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap batik adalah sesuatu yang kuno dan tidak modern, konsumen golongan ini akan cenderung tidak tertarik dengan produk-produk Dream Wax
  • Motif dan corak yang monoton, karena Dream Wax hanya menawarkan motif dan corak batik saja
  • Kekhawatiran pembeli akan iritasi yang terjadi setelah melakukan waxingdengan produk Sugar Wax, produk yang kami jual tidak mengakibatkan iritasi karena bahan sangatlah alami.
  • Rasa sakit yang timbul saat proses waxing dengan produk Sugar Wax, diperlukan testimonial secara langsung agar pembeli tidak merasa khawatir.
  • Sugar Wax tidak dapat menhilangkan bulu secara permanen

5.3 Opportunities (peluang)

  • Pangsa pasar luas
  • Konsumen dari luar negeri cenderung menyukai sesuatu yang berbau asli dari Indonesia, sehingga minat konsumen dari luar negeri diperkirakan akan tinggi
  • Jika pemasaran berjalan dengan baik, Dream Wax akan menjadi tren di Indonesia bahkan di seluruh dunia, karena pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, dan bikini motif batik merupakan sesuatu yang sangat khas dan mudah di ingat konsumen, sehingga jika konsumen melihat pakaian dalam, pakaian renang, lingerie, atau bikini bermotif batik, yang ada di dalam benak konsumen adalah Dream Wax
  • Produk terbaru Dream Wax, Sugar Wax akan diminati para konsumen karena dapat menghilangkan bulu secara mudah dan aman

 5.4 Threats (ancaman)

  • Ada kemungkinan konsumen lebih memilih produk lain dikarenakan motif produk lain yang lebih beragam
  • Produk pesaing yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia pakaian dalam
  • Ada kemungkinan konsumen lebih memilih melakukan waxing di salon dari pada menggunakan Sugar Wax
  1. Rencana Usaha

  6.1 Rencana Jangka Pendek

  • Produksi dan pembuatan masih dilakukan oleh penulis sendiri
  • Produksi dan stok masih terbatas
  • Pemasaran melalui online dan orang-orang disekitar

  6.2 Rencana Jangka Menengah

  • Membuka toko sendiri dirumah dan di beberapa mall
  • Memiliki keuntungan untuk perkembangan produksi berikutnya
  • Melayani konsumen mancanegara

  6.3 Rencana Jangka Panjang

  • Memperluas pemasaran dan membuka toko di pulau-pulau tropis di Indonesia seperti Kepulauan Seribu, Lombok, Bali, dll.
  • Mengadakan peragaan busana sendiri yang menampilkan produk-produk Dream Wax minimal di Indonesia
  • Mulai mengiklankan di majalah ataupun katalog
  • Memiliki website sendiri www.dreamwax.com
  • Mengekspor produk penghilang bulu Sugar Wax
  1. Analisis Pasar dan Pemasaran

   7.1 Segmentasi pasar (segmenting):

Segmentasi pasar produk-produk Dream Wax membidik kalangan remaja hingga dewasa bahkan orang tua, usia 15-50 tahun.

   7.2 Target Pasar (targeting):

Para remaja SMP maupun SMA, mahasiswi, pekerja, hingga orang tua, para wanita yang ingin tampil sexy dan menyukai wisata pantai dan kegiatan berenang. Serta untuk para konsumen yang ingin bebas dari bulu-bulu yang menganggu dan membuat anda tidak percaya diri.

   7.3 Strategi Pemasaran

Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran perusahaan yangterdiri dari bauran pemasaran product, price, promotion (3P) :

  • Product

Brand Dream Wax menyediakan pakaian dalam, lingerie, pakaian renang, bikini yang semuanya bermotif batik, penghilang bulu alami Sugar Wax.

  • Price

Harga berkisar Rp 20.000 – Rp 300.000,- per piece

  • Promotion

-Iklan (Advertising)

Media Cetak         : Majalah, Tabloid, Katalog

Media Online        : Facebook, Twitter, Instagram, Website Dream Wax

-Sales Promotion
Promosi melalui acara/ pameran bazaar di mall atau pusat perbelanjaan. Promosi melalui festival/ acara di pantai atau pulau-pulau tropis.

-Personal selling
Promosi dengan cara menjual langsung kepada konsumen dan teman-teman.

  1. Strategi Promosi
  • Diskon Bulanan minimal 10% untuk produk-produk tertentu
  • Buy 1 get 1 untuk produk-produk tertentu
  • Kupon potongan harga untuk setiap pembelian min. Rp 300.000,-
  • Menyediakan parcel cantik khusus untuk hari valentine untuk para pria yang ingin memberikan hadiah untuk sang kekasih
  • Menyediakan paket dan parcel untuk pernikahan yang berisikan serangkaian produk-produk Dream Wax
  • Untuk produk Dream Wax, kami menawarkan taster untuk para pelanggan yang datang ke toko kami

 

analisis operasional
DAFTAR HARGA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s