PENGALAMAN TES MAGANG DI SHOPEE

Hai kawan kawan para pencari kerja, apa kabar? mudah mudahan baik dan tetap semangat dalam mencari pekerjaan yang diharapkan ya. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tes di Shopee untuk posisi magang. Kawan kawan pasti sudah tau tentang Shopee kan, saya akan jelaskan sedikit mengenai Shopee. Shopee merupakan layanan belanja online atau dikenal dengan e-commerce yang berada dibawah naungan PT. Garena Indonesia, selebihnya kawan kawan bisa mencari informasi tambahan mengenai Shopee di Google. *hehe

Pada tanggal 31 februari 2017 saya mendapat email dari PT. Garena Indonesia berupa undangan tes untuk posisi content intern di Shopee,  disini saya agak merasa heran karena pada saat melamar melalui Jobstreet, posisi yang saya lamar yaitu management development internship, tapi tak apa lah saya cukup tertarik untuk mencobanya. Oiya, posisi ini diperuntukkan untuk mahasiswa semester terakhir atau fresh graduate.

Tes dilaksanakan keesokan harinya tanggal 1 februari pada pukul 10 pagi bertempat di Wisma 77 Slipi lantai 10, lokasinya persis di seberang Mall Slipi Jaya, saya menggunakan transjakarta turun di halte Slipi Kemanggisan. Ketika saya datang, sudah banyak kandidat kandidat lain yang sudah datang lebih dulu dari saya. Saya menuju receptionist Shopee dan diminta untuk mengisi daftar hadir dan diminta untuk menyerahkan CV, yg diminta hanya CV saja, tanpa surat lamaran dan lain sebagainya.

Lalu saya menunggu di ruang tunggu bersama dengan kandidat lainnya. Saya sempat berbincang bincang dengan kandidat lainnya, ternyata pada hari itu tidak hanya tes untuk posisi magang saja tapi ada juga yang sudah melamar untuk posisi customer service dan payment. Tak lama, nama saya dipanggil dan diminta untuk pindah ke sebuah ruangan kecil bersama dengan 3 kandidat lainnya, disitu kami diminta untuk mengerjakan soal psikotes yang sangat mudah, hanya mencocokkan 2 kata, jika dua kata sama, tandai dengan huruf B, jika berbeda tandai huruf S, tes nya diberi waktu 6 menit.

Setelah selesai, menunggu selama 10 menit, lalu dipanggil lagi untuk interview HRD, interview dilaksanakan berdua berdua. HRD nya hanya 1 orang, dan masih cukup muda. Memang di Shopee ini kebanyakan para pekerjanya adalah generasi muda. Bahkan saya tidak menemukan pegawai yang umurnya diatas 35 tahun pada hari itu. Dan yang paling saya sangat sukai adalah pakaian kerja yang di kenakan para pegawai disini sangat santai dan kasual, sepeti pakaian yang dipakai ketika pergi kuliah, bahkan ada beberapa yang menggunakan celana jeans robek robek, tanktop. Pokoknya santai banget deh.

Mulailah saatnya wawancara. Yang ditanyakan tidak jauh dari pertanyaan pertanyaan yang biasa diajukan pada saat wawancara kerja. Intinya adalah si HRD nya ini menyampaikan magang ini akan berlangsung selama 3 buana, peserta magang tidak akan mendapatkan gaji, tetapi hanya uang pengganti ongkos sebesar 100 ribu per hari *saya sebut gaji*, makan siang telah disediakan, dan tiap hari kita akan mendapatkan jatah ice cream, *enak banget kan*. Jam kerja mulai pukul 9:30 pagi sampai jam 7 malam. Posisi sebagai content intern, disini dijelaskan mengenai job desk nya, sebetulnya sangat mudah. Kita hanya mengklasifikasikan barang barang yang dijual Shopee, menginput deskripsi produk, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan barang2 yang dijual di aplikasi Shopee. Tetapi sebelumnya pikir saya, saya akan belajar banyak mengenai management Shopee seperti job desk yang tertera di Jobstreet tetapi ternyata hanya menjadi content intern.

Setelah wawancara HRD, saya diminta menunggu hingga jam 2 siang, nanti diumumkan siapa saja yang lolos akan lanjut ke tahap interview user. Cukup lama memang, karena interview HRD tidak memakan waktu lama dan selesai pukul 11, dan saya harus menunggu sampai pukul 2.
Disitu saya mulai dirundung kegalauan. Galau karena gaji (sebenarnya bukan gaji, tapi HRD lebih suka menyebutnya uang saku, tapi tak apa lah, saya lebih suka menyebutnya gaji) yang diberikan tidak seberapa, dan untuk sampai ke wisma 77 memakan waktu 2 jam dari tempat tinggal saya. Yang saya cemaskan adalah, dalam masa magang selama 3 bulan, saya takut mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik lagi dan saya tidak bisa berhenti begitu saja dari Shopee. Dengan pertimbangan jauhnya perjalanan, dan jumlah gaji yang diberikan, alhasil setelah berkonsultasi dengan ibu saya melalui telepon, akhirnya saya memutuskan untuk pulang dan tidak meneruskan tes.

Untuk mahasiswa semester terakhir, kesempatan magang seperti ini sangatlah bagus, dan gaji yang diberikan saya pikir jumlahnya cukup besar bagi anak kuliahan.

Advertisements

42 thoughts on “PENGALAMAN TES MAGANG DI SHOPEE

  1. Hai aku mau tanya.. aku juga dapat panggilan dari shopee. Di email nya tulisannya 3 month contract based. Jadi ini termasuk magang juga dan ga dapet gaji juga kah?

  2. Misi, bisa minta alamat email atau yang bisa dihubungi untuk PT. Garena tsb? Saya ingin mencoba magang disana.

  3. Hi aku mau tanya, apakah setelah kita selesai wawancara dengan user maupun HRD, apakah langsung ada pengumuman diterima atau tidaknya di hari yang sama? atau kita harus menunggu beberapa hari kemudian? kebetulan aku dipanggil interview untuk full time dan bukan magang. terima kasih, yah!

  4. Nanya dong aku suka galau masalah baju kalo Mau interview gini, waktu kamu interview disini pake kemeja putih apa kemeja biasa? Atau gakpake kemeja gpp yg penting tapi dan sopan? Makasih 😆😆

  5. halo kak mau tanya cara apply magang di shopee caranya gimana ya? soalnya aku datang ke kantornya langsung cuma dikasih email hrd nya trus udah aku email cv dan surat pengantar magang dari kampus blm ada balasan 😦 mohon infonya ya kak makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s